Selamat Datang di Website Resmi MI Krandegan 1

.

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1442 H, SEMOGA ALLAH SELALU MERIDLOI PERJUANGAN MIKASA

02 Februari 2014

Program Sertifikasi Belum Mampu Angkat Kualitas Pendidikan

Kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan, masih tertinggal. Bupati Pekalongan, Amat Antono mengaku prihatin dengan kondisi seperti ini. 

''Program sertifikasi yang diberikan pada tenaga pendidik, ternyata belum mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan,'' kata Bupati saat melantik pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan masa bakti 2013-2018, Senin (27/1).

Indikasi masih rendahnya kualitas di Kabupaten Pekalongan ini, menurut Bupati, dapat dilihat dari masih tertinggalnya capaian Nilai Ebtanas Murni (NEM) siswa di semua tingkat pendidikan. Contohnya, seperti peringkat NEM pada tahu 2013.

Untuk jenjang pendidikan SD, peringkat NEM yang diraih lulusan SD Kabupaten Pekalongan masih menduduki ranking ke-27 dari 35 kabupaten/kota se-Jateng. Untuk SMP, hanya menduduki peringkat ke-31 dari 35 kabupaten. Sedangkan untuk jenjang SMA, hanya menduduki peringkat 25. ''Hanya NEM lulusan SMK yang sudah lumayan, bisa menduduki peringkat ke-18 dari 35 kabupaten.'' jelasnya.

Untuk itu, terhadap pengurus Dewan Pendidikan yang baru, dia meminta lembaga itu melakukan pengkajian, apakah seseorang guru layak mendapatkan tunjangan sertifikasi bila ternyata tidak mampu meningkatkan prestasi anak didiknya. ''Untuk itu, saya berharap nantinya dewan pendidikan bisa memberikan solusi yang baik dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pekalongan,'' katanya.

Sementara mengenai kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SD yang pada tahun 2014 ini diserahkan pada pemerintah daerah, Bupati juga meminta agar Dewan Pendidikan membantu pemikiran mengenai soal biaya APBD yang harus disediakan. ''Hal ini karena  APBD 2014 sudah diputuskan, sehingga perlu ada kebijakan khusus agar pelaksanaan UN SD tidak terganggu,'' katanya.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Pekalongan, Harunjuri, dalam laporannya meminta dukungan semua pihak agar mampu melaksanakan pengabdian sesuai tugas pokok dan fungsi Dewan Pendidikan dengan jujur, amanat, menyampaikan kebenaran dan cerdas.

''Tanpa dukungan dan kerja sama semua pihak, maka program kerja kami tidak akan terlaksana dengan baik. Oleh karena itu, kami mohon saran dan masukannya dalam rangka memajukan pendidikan di Kabupaten Pekalongan,'' katanya.
sumber : http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/14/01/27/n01zdb-program-sertifikasi-belum-mampu-angkat-kualitas-pendidikan

 
by | Team IT Center |